Subscribe:

Ads 468x60px

sedang melaut

Jumat, 16 Desember 2011

ikan mola mola (ocean sunfish)

Ikan mola mola merupakan salah satu ikan terberat dibumi ini. Berat rata-rataikan mola dewasa mencapai 1.000 kg atau 1 ton. Spesies ini merupakan penghuni asli perairan tropis dan iklim sedang di seluruh dunia. Bentuk tubuh yang unik karena mempunyai sirip ventral dan sirip yang menyerupai layar sehingga kelihatan lebih tinggi apabila siripnya dibentangkan.
Makanan Ikan mola utama ikan mola adalah ubur-ubur yang megandung gizi yang rendah sehingga dibutuhkan banyak ubur ubur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan tubuh yang sangat besar. Ikan betina ternyata mampu menghasilkan telur lebih banyak dibanding vertebrata lain. Larva ikan mola mirip dengan ikan terompet, sirip dada yang besar, sirip ekor dan bentuk duri yang telah menyerupai ikan dewasa.
Ikan mola dewasa rentan terhadap predator alami yang lebih besar seperti singa laut, hiu dan paus orca. Dibeberapa Negara seperti jepang, korea dan Taiwan, ikan mola mola merupakan ikan yang sangat mahal karena kandungan gizinya yang lengkap dan rasanya yang sangat lezat. Uni eropa telah melarang perdagangan ikan mola baik berupa ikan mola segar dan produk olahan dari ikan family Moliidae. Ikan mola sering terperangkap dalam jarring nelayan dan terancam dengan kondisi laut yang terlah menjadi lumbung sampah plastik. Plastik yang bening sering diangap makanan karena mirip dengan ubur ubur , dan apabila plastik termakan oleh ikna mola, maka akan mengakibatkan kematian. Anggota ordo Tetraodontiformes ( kelompok ikan buntal) seperti pufferfish, porcupinefish and filefish. Ikan mola mewkili banyak sifat umum dari ordo ini. Pada awalnya ikan mola masuk ke dalam genus ikan buntal, tetraodon, namun diberikan genus sendiri yaitu mola dan hanya terdiri dari satu spesies yaitu Mola mola.

0 komentar: